Tahun ini lumayan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Aku ngabisin lebih banyak waktu di rumah saat harus nyelesein suatu pekerjaan. Kalau tahun-tahun sebelumnya pas masih jomblo aku sering banget nenteng laptop dan nyelesein kerjaan di perpustakaan, tahun ini aku sangat nyaman buat stay di rumah aja.
Cita-citaku emang jadi working mom yang kerja dari rumah dulu kalau misal punya anak yang masih kecil. Berkaca dari masa kecilku dulu, rasanya nggak enak banget kalau lebih sering bareng pembantu daripada sama ibu atau bapak di rumah.
Cita-citaku emang jadi working mom yang kerja dari rumah dulu kalau misal punya anak yang masih kecil. Berkaca dari masa kecilku dulu, rasanya nggak enak banget kalau lebih sering bareng pembantu daripada sama ibu atau bapak di rumah.
Oleh karena itu, aku bercita-cita punya kantor sendiri di rumah. Sebagai freelancer, rasanya akan lebih nyaman apabila aku bisa punya "Home Office" atau kantor di rumah. Aku pernah mention tentang ini di postingan seputar pin favoritku di Pinterest. Sementara ini sih aku masih ngantor di kamarku sendiri... Tapi kalau ada rejeki buat extend ruangan dan bisa punya ruangan buat kantor di rumah, pengen banget buat cuss dijadiin tempat buat ngantor.
I absolutely want to furnish it with my taste. Buat temen-temen freelancer pun, rasanya oke juga kalau punya home office yang bisa menunjang performa kerja walau harus dari rumah. Elemen apa ya yang kira-kira laya buat kita, para freelancer, miliki untuk kantor di rumah kita?
1. Meja kerja yang kokoh dengan drawer di sampingnya
Saat berencana untuk membuat kantor, meja kerja adalah furniture pertama yang harus kita pikirkan. Gimana mau kerja kalau nggak ada meja, kan? Meja kerja yang ideal adalah meja yang kuat dan mampu menampung berbagai alat perkantoran yang kita butuhkan.
Untuk freelance writer seperti aku, komputer, printer, alat tulis, dan dokumen-dokumen penting harus ada dalam satu meja. Agar terjangkau dengan mudah dan efektif, meja yang dipilih harus mampu menampung semua barang tersebut. Desainnya pun harus menarik agar betah berlama-lama bekerja.
2. Kursi dengan desain elegan dan sandaran yang nyaman
Elemen home office utama lain yang harus ada di kantor adalah furniture berupa kursi. Kursi adalah salah satu penunjang utama dalam peningkatan performa saat bekerja. Kebayang nggak sih kalau harus berlama-lama kerja di kursi yang keras dan nggak proporsional? Punggung rasanya gampang pegel dan badan jadi kaku rasanya. That's why I'm still on market for the right chair. Aku pribadi suka dan pengen banget punya kursi dari fabelio.com ini. Ini sebenernya kursi buat dining sih, tapi bisa juga jadi kursi kerja.
3. Komputer/laptop dengan performa terbaik
Oke, bukan berharap yang muluk-muluk ya. I mean, come on... Kerja sebagai freelancer tuh jelas butuh piranti digital yang memadai dan bisa mengakomodir semua pekerjaan kita. Sebagai blogger, punya komputer/laptop yang bisa buat nulis aja tuh masih belum cukup. Akan lebih baik lagi kalau bisa buat edit foto, edit video, desain, dan browsing tanpa nge-crash. Nggak harus kayak gambar di atas sih, yang penting RAMnya gedhe biar bisa kerja dengan lebih lancar. Deadline mepet juga bisa terkejar deh 😂
4. Koneksi internet yang lancar dan bebas hambatan
Freelance kekinian masa kini udah pasti butuh koneksi internet yang kenceng dan kalau bisa unlimited. Kenapa? Karena kepentingan dalam sebuah pekerjaan tuh nggak semuanya bisa ketemu langsung dan face-to-face sama klien terus. Justru kebanyakan dari freelancer seperti freelance blogger malah berinteraksi dengan klien hanya melalui email dan messenger di smartphone. Data yang dikelola pun didapatkan dari internet.
See? This is a very crucial thing to be considered too.
5. Wall planner to keep things on track
Well, punya kantor sendiri di rumah dan kerja sendirian, siapa lagi yang bakal ngingetin semua kegiatan dan agenda yang kita punya kalau bukan kita sendiri? Penting banget buat para freelancer untuk mempunyai planner di dinding supaya nggak perlu repot bolak-balik liat planner yang ada di buku atau di laptop. Buat aja yang sederhana, mencakup planner harian, mingguan, dan bulanan. No more missing deadline, deh!
Gimana menurutmu? 5 elemen home office yang aku kasih di sini udah cukup belum buat kamu yang juga freelance? Kalau ada hal-hal yang pengen ditambahin, dengan senang hati aku tampung di kolom komentar, ya! Happy working!
-----------------------------------------
Klik di sini dan dapatkan potongan harga seber Rp 200.000,- untuk belanja furniture favoritmu di fabelio.com dengan kode voucher "FABFRIEND"
0 Response to "5 Elemen Home Office yang Layak Dimiliki Para Freelancer"
Posting Komentar